Melawan Dunia (*epilepsi)

Judul di atas salah satu Judul lagunya Ran, waktu itu liat Video Klipnya ada cerita tentang baby Adam yang kena trisomi 13, jujur aja aku kurang paham sakit apa itu… but truly, we expecially the parent that has an epylepsi kid sama sedihnya, sama sakitnya sama pusing nya dengan anak2 yang sakit lain atau seperti yg dialami dengan ortunya baby Adam Alm.

Allah kasih beribu keistimewaan sama ortu2 yang punya anak epilepsi, berjuang ngadepin tatapan orang saat anak kita “serangan” di jalan, tatapan orang saat anak kita berbeda dengan anak mereka, minimal mereka kasihan parahnya mungkin ada aja yg mencibir, Allah kasih ladang pahala di depan mata kita, berkali2 kalau dengerin lagu itu pingin nangis, apalagi liat perjuangan baby Adam, flashback ke kejadian ku sendiri ngadepin kejangnya K, K yang kena epilepsi mulai umur 9 bulan sampai ditulisnya tulisan ini K masih mengalami kejang yang datang di malam hari, sedih? ya pasti sedih tapi insya Allah kami sudah mulai bisa menata hati dan fikiran kami dalam menghadapi kejangnya K.

Nah yang jadi ganjalan kami adalam efek dari kejang nya K yang masih jadi PR buat kami adalah perang dengan “speech delay”  nya K, usia 3 tahun kejangnya K agak berkurang dan bisa dibilang terkontrol, kami mulai terapi wicara dan berbagai usaha kami lakukan, capek lo dengerin orang yang baru ketemu bahkan saudara kita yang tau K belum lancar ngomong komentarnya gini “sering2 dong diajak ngomong anaknya, diajak ngobrol gitu dirumah, dikasih adek” OK semua kan cuma bisa ngasih saran yaa… yang ngalamin kan aku… aku dan suami plus ortu ku cuma bisa senyum denger komentar mereka, males juga sih ngejelasin panjang lebar. mungkin mereka fikir K dirumah ga diajak ngomong didiemin aja gitu kali ya.. hahaha sensi banget nih aku kalo udah mikirin kata2 orang, Alhamdulillahnya sensiku cuma aku tumpahin ke suami n disini lah,  biar aja mereka mikir apa, toh aku dan suami ga diem.

nah dari umur 3 tahun sampai 6 tahun K masih lanjut terapi wicara, sambil dirumah kita bantu dengan permainan2 edukasi yang mendukung kegiatan terapinya, Alhamdulilah walau tidak secepat anak2 lain, K sekarang sudah mulai banyak kosakatanya, mulai bisa mengutarakan keinginannya, kadang bisa kita ajak ngobrol mengingat2 kejadian hari ini. Subhanallah Allah kasih keindahan yang cuma kami yang tau rasanya menunggu kata demi kata terucap dari bibir mungil K, teriakan2nya yang kami rindukan… Ahhh andai orang2 yang berkomentar itu akhirnya tau rasanya.. tapi ga perlu lah, mudah2an mereka ga pernah ngalamin apa yang aku alami, perjuangan kami hanya kami dan Allah yang tau…

perjalanan kami masih panjang dan kami akan terus berusaha, buat para ortu yang mungkin punya pengalaman serupa dengan kami, tersenyumlah… kita memang sering jadi bahan omongan bahan tatapan keheranan orang2, tapi insya Allah kita baik di mata Allah karena usaha kita dengan baik menjaga titipanNya.

SEMANGAAATTT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s